Matematika merupakan salah satu
mata pelajaran wajib yang harus di embang oleh setiap siswa yang menempuh
pendidikan mulai dari sedoklah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah
menengah atas, bahkan sampai ke bangku kuliah atau pendidikan tinggi matematika
merupaka mata kuliah wajib yang harus diambil oleh semua mahasiswa di semester
awal. Tidak jarang juga saat ini pelajaran matematika sudah diterapkan di
sekolah setara playgroup atau taman kanak-kanak bagi anak-anak yang berusia 4
sampai 5 tahun.
Matematika sudah menjadi bagian
penting dalam materi aatu pelajar di setiap satuan pendidikan, namun mengapa
banyak siswa yang tidak gemar untuk belajar matematika? Hal ini bukan menjadi
rahasia taua sebuah fenomena langkah dikalangan siswa namun sudah menjadi hal
yang biasa terjadi, salah satu yang menyebabkan matematika tidak digemari oleh
banyak siswa adalah tingkat kesulitan saat mengerjakan soal-soal matematika,
rumus-rumus yang harus dihafal dan lain sebagainya. selain hal tersebut ada
beberapa lasan lainnya mengapa matematika tidak digemari oleh banyak siswa
antara lain sebagi berikut :
Tingkat Kesukaran
Hal yang biasa diketahui
bahwasanya matematika memiliki tingkat kesulitan yang berbeda disetiap materi
yang berkaitan dengan bilangan, pecahan dan sebagainya. dari sekian banyak
siswa dikelas pasti sebagian akan merasa kesulitan dalam menyelesaikan
soal-soal yang diberikan oleh guru berkaitan dengan materi yang ada. Kesulitan
ini biasanya karena siswa belum memahami konsep dasar dalam materi tersebut dan
siswa cenderung memiliki mindset bahwa sulit untuk memahami dasar dalam
penyelesaian soal tersebut.
Metode atau Model Pengajaran Yang Tidak Manarik
Metode merupakan salah satu cara
yang dapat ditempuh oleh guru untuk membuat siswa senang belajar matematika,
selain itu penerapan metode juga dapat menjadi cara untuk membuat siswa mudah
dalam memahami materi yang berkaitan dengan matematika tersebut. Dengan metode
yang tepat tidak jarang suasana kelas menjadi menyenangkan dan siswa menajdi
antusias dalam mengikuti pelajaran. Saat ini telah banyak metode atau model
yang dikembangkan oleh para pendidik yang dapat diadopsi untuk kembali
diterapkan dikelas pastinya dengan memperhatikan kondisi kelas dan siswa yang
ada. Dengan demikian belajar matematika bukanlah hal yang membosankan dan
menakutkan bagi siswa disekolah.
Menganggap Bahwa Matematika Bukan Hal Yang Harus DiPahami
Sebagian siswa mungkin mengagap
bahwasanya ilmu matematika tidak terlalu dibutuhkan di kegidupan sehari-hari
atau tidak relevansi dengan kehidupan. Nyatanya matematika merupaka ilmu yang
akan digunakan didalam kehidupan sehari-hari sampai kapanpun, sebagai contoh
dalam transaksi jual beli yang sederahan pastinya memerlukan ilmu matematika
untuk menjumlahkan seluruh barang dan harga yang akan dibeli dan lain
sebaginya. Guru dituntut untuk dapat menunjukan pada siswa relevansi ilmu
matematika dengan kebutuhannya di kehidupan sehari-hari sehingga dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.
Rasa Percaya Diri Yang Rendah
Seperti yang kita ketahui bahwa
matematika cenderung kepeda soal-soal yang berkaitan dengan angka yang harus
diselesaikan siswa menggunakan rumus-rumus yang ada sesuai dengan materi yang
dipelajari di kelas, salah satu yang membuat siswa tidak menyukai matematika
adalah satu keasalah yang dialami ketika pertama sekali mencoba untuk
menyelesaikan atau memecahkan soal matematika tersebut. Sebagian siswa yang
memiliki rasa percaya diri yang rendah cenderung tidak ingin mengulangi
keselahan yang takut untuk terus mencoba. Untuk itu perlu adanya pendekatan
antara guru dan siswa baik secara emosional maupun secara akademik dalam
membimbing siswa untuk terus berlatih soal matematika. Dalam hal ini guru harus
bisa memberikan kesempatan yang berulang kepada siswa dan memberikan perhatian
matematika mudah jika benar-benar dipahami.
Guru Matematika Yang Terkenal Disiplin
Dimanapun berada guru matematika
dikenal dengan guru yang disiplin, dan tegas dalam setiap aktivitas yang
berkaitan dengan pembelajaran, hal ini dapat menjadi salah satu alasan mengapa
siswa tidak gemar dengan matematika. Segala sesuatu yang digemari dimulai dari
sumber salah satunya adalah pendidik itu sendiri.
Selain faktor-faktor diatas
banyak hal yang menjadi alasan mengapa matematika tidak digemari oleh siswa
disekolah, namun hal yang sangart mempengaruhi adalah model atau metode
pembelajaran yang diterapkan oleh guru, dengan tingkat kesulitan mata pelajaran
matematika dapat dibawakan dengan metode yang sesuai sehingga suasana belajar
menjadi menyenangkan dan siswa juga antusias dalam mengikuti pelajaran dikelas.
0 Comments