Berikut ini merupakan Isi dari Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Mata Pelajaran PPKN untuk tingkat satuan Sekolah Menengah Pertama dalam Kurikulum 2013 yang akan di implementasikan di sekolah untuk ajaran tahun 2014-2015.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PPKn
Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menghargai semangat dan komitmen
kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar
negara
2.2
Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3
Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman
suku, agama, ras, budaya, dan gender
2.4
Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam
memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak
terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI)
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami sejarah dan
semangat komitmen para pendiri Negara
dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai dasar
negara
3.2 Memahami sejarah perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
3.3 Memahami isi
alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5
Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka NKRI
3.6
Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
3.7
Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2 Menyaji hasil
telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Menyaji hasil kajian
isi Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyaji hasil pengamatan
tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5
Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat
tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
4.6
Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.7
Menyaji hasil
telaah tentang makna
Bhinneka Tunggal Ika
4.8
Menyaji
bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
0 Comments