Perencanaan
pengajaran berarti pemikiran
tentang penetrapan prinsip- prinsip umum mengajar didalam pelaksanaan tugas
mengajar dalam suatu interaksi pengajaran tertentu yang khusus baik yang
berlangsung di dalam kelas ataupun diluar kelas. Perencanaan pengajaran mempunyai beberapa faktor yang mendukung tujuan
pembelajaran tercapai misal :
- Persiapan
sebelum mengajar
- Situasi
ruangan dan letak sekolah dari jangkauan kendaraan umum
- Tingkat
intelegensi siswa
- Materi pelajaran yang akan disampaikan
1. Karena adanya perencanaan maka
pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif. Yang dimaksud adalah maka
seorang guru bisa memberikan materi pelajaran dengan baik karena ia harus dapat
menghadapi situasi di dalam kelas secara mantap, tegas dan fleksibel.
2. Karena perencanaan maka seseorang
akan tumbuh menjadi seseorang guru yang baik. Yang di maksud adalah guru
membuat persiapan yang baik dan adanya pertumbuhan berkat pengalaman dan akibat
dari hasil belajar yang terus menerus.
Bagaimana cara untuk mencapai hasil
hasil belajar yang efektif yang dijadikan pedoman dalam setiap kali membuat
perencanaan ?
Ada 7 aspek persiapan untuk mencapai
tugas yang di sebutkan tadi :
- Persiapan
terhadap situasi
Mancakup : tempat, suasana ruangan
kelas, dan lain-lain. Dan situasi umum harus dimiliki sebelum saudara mengajar
di dalam kelas tersebut dengan pengetahuan saudara dapat membuat ancang- ancang
terhadap variabel faktor masalah dan menghadapi situasi kelas.
- Persiapan
terhadap siswa yang akan dihadapi
Maksud ; Sebelum guru mengajar ia
harus mengetahui keadaan siswa tsb atau dengan kata lain guru harus membuat
gambaran yang jelas mengenai keadaan siswa yang akan dihadapi selain dari pada
faktor intern siswa tsb ( laki- laki dan Pr) seorang guru harus mengetahui
taraf kematangan dan pengetahuan serta khusus dari pada siswa tsb.
- Persiapan
dalam tujuan umum pembelajaran
Yang menyangkut tujuan instruksional
apa yang akan dicapai oleh para siswa harus dimiliki seorang guru mencakup
antara lain :
Pengetahuan, kecakapan, keterampilan
atau sikap tertentu yang konkrit yang bisa di ukur dengan alat- alat evaluasi.
- Persiapan
tentang bahan pelajaran yang akan diajarkan
Yang dimaksud dengan ini : Dengan
adanya pengetahuan yang akan dihadapkan kepada siswa, si guru memiliki
persiapan yang akan di sampaikan kepada siswa yang harus terdapat batas- batas,
luas dan urutan- urutan pengajaran perlu di persiapkan.
- Persiapan
tentang metode- mengajar yang hendak di pakai
a. metode
ceramah
b. metode
tanya jawab atau diskusi
- Persiapan
dalam penggunaan alat- alat peraga
Misal : kapur dan papan tulis,
pengahapus paling sedikit di gunakan tetapi dalam belajar pembelajaran di
pergunakan alat pembantu adalah media yang mempertinggi komunikasi pada saat
proses belajar berlangsung.
- Persiapan
dalam jenis teknik evaluasi
Tujuan evaluasi : samapi sejauhmana
daya serap terhadap produk bahasan yang saudara terapkan
Ada beberapa jenis alat evaluasi
disini yaitu : Bentuk test apakah test tertulis maupun test lisan.
Jenis- jenis perencanaan
- Menurut
Besaran
:
a. Perencanaan Makro
b. Perencanaan Meso
c. Perencanaan Mikro
2. Menurut Telaahnya :
a. Perencanaan Strategi
b. Perencanaan Manajerial
c. Perencanaan Operasional
- Menurut
Jangka Waktunya :
a. Perencanaan Jangka Panjang
b. Perencanaan Jangka Menengah
c. Perencanaan Jangka Pendek
0 Comments