Kemajuan zaman saat ini juga berdampak pada
perkembangan dunia pendidikan. Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangat
pesat sekali, tidak sedikit sekolah yang sudah menggunakan fasilitas teknologi
dalam pembelajaran demi untuk peningkatan mutu siswa. Namun tidak sedikit pula
sekolah yang perhatian terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya
pada bidang Baca Tulis AlQur’an. Dalam kenyataannya, banyak sekali siswasiswa
SMP, MTs, SMA, bahkan mahasiswa tidak mampu Baca Tulis AlQur’an. Sementara
Baca Tulis AlQur’an merupakan bagian yang sangat mendasar untuk memahami AlQur’an
dan AlHadist sebagai sumber ajaran agama Islam. Sebab pendidikan agama
Islam
sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku, kemampuan sumber daya manusia
seseorang, sehingga bermanfaat dan memberikan kemaslahatan bagi dirinya dan
masyarakat pada umumnya, menuju manusia yang berakhlaq mulia dalam kehidupan
sosial seharihari.
Berdasarkan tinjauan diatas, maka kita dapat mengkaji
tentang: Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al–Qur’an; apa
faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis
Al–Qur’an; dan bagaimana hasil dari kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis
Al–Qur’an di sekolah-sekolah. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah: untuk
mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al–Qur’an yang
meliputi dasar pikiran pelaksanaan, tujuan pelaksanaan, materi pembelajaran,
metode pembelajaran, faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Baca
Tulis Al–Qur’an serta hasil pelaksanaan BacaTulis AlQur’an di sekolah-sekolah.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa katakata
tertulis atau lisan dari orang–orang tertentu dan perilaku yang diamati. Adapun
metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, documenter, dan
interview.
Sedangkan metode analisis data yang digunakan
adalah metode deskriptif kualitatif artinya peneliti berusaha mendeskripsikan
dan menginterprestasikan hasilhasil penelitian yang terkumpul sesuai dengan
apa yang dikemukakan, dilihat, dan yang terjadi di lokasi penelitian. Dari
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kegiatan Baca Tulis AlQur’an ini
dilatar belakangi, ohal, yakni; siswa yang beranekaragam kemampuannya dalam
membaca dan menulis AlQur’an, dan siswa juga mampu menulis dan menghafal AlQur’an.
2. Pelaksanaan pendidikan Baca Tulis AlQur’an di sekolah-sekolah merupakan
program khusus yang bersifat ekstrakurikuler dan tidak menggunakan raport untuk
mengetahui hasil pembelajarannya, akan tetapi guru pendamping atau pengajar
memberikan kartu prestasi disetiap pertemuan guna mengetahui perkembangan
siswa/siswi. 3. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan Baca Tulis AlQur’an
adanya dukungan yang maksimal dari sekolah, tingginya minat siswa untuk bisa
serta dukungan dan motivasi dari para wali siswa terhadap anaknya.
Adapun faktor penghambatnya adalah para tenaga
pendidik kurang menguasai materi, kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah,
dan sebagian siswa masih adayang kurang antusias terhadap baca tulis AlQur’an.
4. Adanya perubahan cara siswa membaca dan menulis AlQur’an, siswa juga mulai
dapat menghafal suratsurat pendek dan ayatayat tertentu. 5. Materi yang
diajarkan menggunakan buku iqro’, sedangkan metode pembelajaran yang digunakan
adalah metode klasik. Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini diharapkan
adanya; peningkatan kemampuan pendidik dalam menguasai materi pendidikan baca
tulis AlQur’an, fasilitas yang memadai untuk menunjang keberhasilan
pelaksanaan pendidikan baca tulis AlQur’an, kerja sama antara madrasah dengan
orang tua siswa dalam peningkatan pembelajaran baca tulis AlQur’an, raportan
untuk mengetahui hasil dari pembelajaran pendidikan Baca Tulis AlQur’an.
0 Comments