Dalam dunia pendidikan sangat diharapkan sekali peran serta seorang guru dalam mengembangkan karakter seorang siswa. jika guru menginginkan perubahan pada karakter siswa, maka guru wajib untuk melakukan sebuah perubahan dan penekanan khusus kepada siswa. Guru adalah salah satu yang memegang peranan yang sangat strategis
terutama dalam membentuk watak bangsa serta mengembangkan potensi siswa.
Kehadiran guru tidak tergantikan oleh unsur yang lain, lebih-lebih dalam
masyarakat kita yang multikultural dan multidimensional, dimana peranan
teknologi untuk menggantikan tugas-tugas guru sangat minim. Guru memiliki
perana yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Guru yang
profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Profesionalisme
guru sebagai ujung tombak di dalam implementasi kurikulum di kelas yang perlu
mendapat perhatian (Depdiknas, 2005).
- Mendidik dengan titik berat memberikan arah dan motifasi pencapaian tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang
- Memberi fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai.
- Membantu perkembangan aspek – aspek pribadi seperti sikap, nilai-nilai, dan penyusuaian diri, demikianlah dalam proses belajar mengajar guru tidak terbatas sebagai penyampai ilmu pengetahuan akan tetapi lebih dari itu ia bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan kepribadian siswa ia harus mampu menciptakan proses belajar yang sedemikian rupa sehingga dapat merangsang siswa muntuk belajar aktif dan dinamis dalam memenuhi kebutuhan dan menciptakan tujuan. (Slameto, 2002).
Begitu pentinya peranan guru dalam keberhasilan peserta didik
maka hendaknya guru mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan yang ada dan
meningkatkan kompetensinya sebab guru pada saat ini bukan saja sebagai pengajar
tetapi juga sebagai pengelola proses belajar mengajar. Sebagai orang yang
mengelola proses belajar mengajar tentunya harus mampu meningkatkan kemampuan
dalam membuat perencanaan pelajaran, pelaksanaan dan pengelolaan pengajaran
yang efektif, penilain hasil belajar yang objektif, sekaligus memberikan
motivasi pada peserta didik dan juga membimbing peserta didik terutama ketika
peserta didik sedang mengalami kesulitan belajar. Salah satu tugas yang
dilaksanakan guru disekolah adalah memberikan pelayanan kepada siswa agar
mereka menjadi peserta didik yang selaras dengan tujuan sekolah. Guru mempengaruhi
berbagai aspek kehidupan baik sosial, budaya maupun ekonomi. Dalam keseluruhan
proses pendidikan, guru merupakan faktor utama yang bertugas sebagai pendidik.
Guru harus bertanggung jawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui interaksi
belajar mengajar. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya
proses belajar dan karenya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar di
samping menguasai materi yang disampaikan dengan kata lain guru harus
menciptakan suatu konidisi belajar yang sebagik-baiknya bagi poeserta didik,
inilah yang tergolong kategori peran guru sebagai pengajar.
Disamping peran sebagai pengajar, guru juga berperan sebagai
pembimbing artinya memberikan bantuan kepada setiap individu untuk mencapai
pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuan diri
secara maksimal terhadap sekolah. Hal ini sesuai dengan pendapat Oemar H (2002)
yang mengatakan bimbingan adalah proses pemberian bantuan terhadap individu
untuk mencapai pemahaman diri dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk
melakukan penyesuaian diri secara maksimal terhadap sekolah, keluarga serta
masyarakat. Sehubungan dengan perananya sebagai pembimbing maka :
1. Guru Mengumpulkan
data tentang siswa.
2.
Mengamati
tingkah laku siswa dalam situasi sehari-hari.
3.
Mengenal
para siswa yang memerlukan bantuan khusus.
4. Mengadakan
pertemuan atau hubungan dengan orang tua siswa, baik secara individu maupun
secara kelompok, untuk memperoleh saling pengertian tentang pendidikan anak.
5. Bekerjasama
dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lainya untuk membantu memecahkan masalah
siswa.
6.
Membuat
catatan pribadi siswa serta menyiapkannya dengan baik.
7.
Menyelenggarakan
bimbingan kelompok atau individu.
8.
Bekerjasama
dengan petugas-petugas bimbingan lainnya untuk membantu memecahkan masalah
siswa.
9.
Menyusun
program bimbingan sekolah bersama-sama dengan petugas bimbingan lainnya.
10.
Meneliti
kemajuan siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Dengan Berperanannya guru aktif dalam melaksanakan kegiatan ini, maka siswa akan lebih aktif untuk pengembangan ini. sehingga siswa akan menemukan karakter pribadinya yang mengembangkan kepribadiannya.
0 Comments